Kebanyakan orang tidak menyadari jika penyakit ginjal bisa menjadi pembunuh nomor 1 yang mematikan. Awalnya mereka yang terkena penyakit ini mungkin saja tidak menunjukan gejala apapun untuk waktu yang cukup lama sampai saat situasi menjadi semakin parah atau kritis, disinilah alasan pentingnya untuk mengenali gejala dari penyakit ginjal.

Ciri-ciri Gejala Sakit Ginjal

1. Warna Urine Berubah
Gejala sakit ginjal biasanya muncul dan di rasaka paling awal adalah perubahan dari warna urine yang menjadi lebih keruh dari biasanya. Selain itu kebiasaan dalam buang air kecil anda juga bisa berubah ntah itu jadi lebih sering atau lebih jarang pipis. Anda biasanya akan lebih sering buang air kecil di malam hari.

2. Tubuh Menjadi Lebih Mudah Capek
Ginjal yang sehat akan terus memproduksi hormone eritropoietin dengan secara teratur agar dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang baru. Pada saat ginjal mengalami kerusakan, produksi hormone eritropoietin menjadi semakin menurun. Dampaknya produksi sel darah merah yang membawa oksogen juga menurun. Inilah yang mengakibatkan tubuh anda menjadi capek.

3. Sesak Nafas
Tidak bekerjanya ginjal membuat cairan masuk ke dalam paru- paru melalui darah. Ini yang mengakibatkan tubuh menjadi tidak mendapatkan pembekalan oksigen yang lumayan dalam tubuh terutama pada paru- paru. Kurangnya oksigen pada darah membuat tubuh anda menjadi sulit berfungsi maksimal sampai mengakibatkan nafas menjadi terengah- engah dan memburu.

4. Sakit Pinggang
Untuk anda yang suka sakit bagian pinggang, mau kanan atau kiri sebaiknya anda harus waspada. Gejala ini bisa saja di karenakan oleh batu ginjal. Kadang gejala ini karna terdapat batu ginjal tidak terlalu kelihatan jelas tapi akan memberikan dampak sakit pada pinggang karna terjepit batu ginjal.

5. Pusing dan Kurang Konsentrasi
Pada saat ginjal anda tidak bisa bekerja dengan baik, maka oksigen akan sulit di suplau ke seluru tubuh terutama otak. Kurangnya suplai oksigen pada otak memicu terjadinya pusing, daya ingat yang lemah, kurang konsentrasi dan kepala terasa kliyengan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *