3 Kebiasaan Yang Bisa Turunkan Imun Tubuh, Segera Hentikan !!

3 Kebiasaan Yang Bisa Turunkan Imun Tubuh, Segera Hentikan !!

Kekebalan tubuh tentu saja menjadi salah satu hal yang wajib di perhatikan agar tidak mudah tertular atau terkena penyakit, khususnya pada saat pandemi COVID-19 ini. Ada banyak cara untuk meningkatkan imun tubuh, seperti makan makanan yang mengandung gizi tinggi, minum multivitamin, hingga menggunakan bahan herbal.

Meski sudah banyak yang berusaha menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari ancaman penyakit, namun masih banyak juga orang yang tidak memikirkan kesehatan tubuhnya dengan melakukan kebiasaan buruk yang akan memperburuk ketahanan tubuh. Mungkin kamu juga melakukan kebiasaan buruk yang merusak imun tubuh namun tidak kamu ketahui, sebelum semuanya terlambat. Berikut ini ada beberapa kebiasaan buruk yang harus kamu hentikan agar kesehatan tubuh kamu tetap terjaga.

1. Kurang tidur

Saat-saat pandemi seperti ini, tidak sedikit pula orang yang mendapatkan waktu tidur yang kurang. Menurut sebuah laman kesehatan, dengan tidur tubuh akan meningkatkan imun tubuh. Imun tubuh yang meningkat nantinya akan membantu tubuh untuk melawanĀ  bakteri, virus dan berbagai ancaman penyebab penyakit yang dapat menyerang tubuh. Jika kekurangan tidur, tubuh malah akan semakin lemah dan tidak bisa melawan serangan penyakit secara baik.

Selain itu, kurang tidur juga memiliki kaitan yang besar dengan penyakit obesitas, depresi, hingga diabetes. Waktu tidur yang baik adalah 7 sampai 9 jam untuk orang dewasa.

2. Kurang olahraga

Pandemi yang berkepanjangan seperti ini memang membuat semua orang di haruskan untuk bekerja dan melakukan aktivitas lainnya dalam rumah. Sehingga banyak dari kita yang memilih untuk bermalas-malasan. Akibat dari kebiasaan bermalas-malasan itu, tubuh akan melakukan pergerakan yang lebih sedikit dan tidak aktif.

Tubuh yang tidak aktif ini akan menyebabkan penurunan anti bodi sehingga tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

3. Pola makan tidak sehat

Akibat pandemi COVID-19, banyak dari kita di haruskan untuk tetap berada di rumah. Agar tetap bisa bertahan hidup, tidak sedikit pula orang yang memilih untuk menyetok bahan makananĀ  yang instan seperti makanan beku, mi, minuman kemasan, dan bahan makanan cepat saji lainnya. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang seperti itu sesekali memang tidak akan bermasalah bagi kesehatan, tapi jika terlalu sering malah akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu tidak mengkonsumsi makan dan minuman seperti ini dalam jangka waktu yang panjang, dan beralih ke makanan yang lebih sehat.