Kita Tidak Bisa Mengontrol Omongan Orang Tapi Kita Bisa Mengontrol Diri Sendiri

Kita Tidak Bisa Mengontrol Omongan Orang Tapi Kita Bisa Mengontrol Diri Sendiri

Orang-orang bisa saja berkata apapun, orang-orang bisa saja melakukan apapun. Karena tidak ada larangan tidak ada aturan. Tidak ada yang membatasinya. Semua orang memiliki hak untuk itu, untuk berpendapat, mengkritik, memberi saran, komentar, dan lain sebagainya. Jadi kita tidak bisa menahan atau melarang akan itu. Karena mereka memiliki hak akan itu. Jadi kita tidak bisa menghindari komentar orang, saran orang dan sebagainya. Mau sesakit apapun, mau seketus apapun pernyataan yang diberikan, kita hanya bisa menerima. 

Kita Tidak Bisa Mengontrol Omongan Orang Tapi Kita Bisa Mengontrol Diri Sendiri

Memang untuk beberapa hal yang sudah kelewatan, itu akan menjadi sangat sakit. Kita juga bisa sakit hati dan kecewa. Tapi kita mau marah, mau kesel juga percuma, karena mereka memiliki hak untuk berbicara, untuk melakukan itu semua. Pun kalau kita sudah tidak bisa mengkompromi omongan mereka, tindakan mereka yang kita rasanya sudah kelewatan. Kira-kira apa yang bisa kita lakukan? Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Kita bisa membuat beberapa hal, ada beberapa cara alternatif yang bisa kita lakukan.

Misalnya, mengatur dan mengendalikan respon kita. Jadi saat orang memberikan sebuah kritikan , saran, atau kata-kata pedas, kita bisa mengatur respon kita saat mereka mengatakan hal tersebut. Bagaimana respon kita yang bisa membuat percakapan selesai sampai disitu. Bagaimana, kita merespon mereka sehingga mereka akan berhenti membicarakannya. Itu salah satu cara untuk bisa menjaga emosi kita tetap stabil, dan sabar saat ada orang lain sedang semangat-semangatnya ingin menjatuhkan kita. Dan itu perlu dilakukan

Kalau kita tidak bisa mengontrol omongan orang, mengatur omongan orang, setidaknya kita bisa mengatur diri kita. Kita bisa mengatur dan menimbang mana yang bisa diserap. Mana yang bisa didengar dan dipelajari. Mana yang bagus dan tidak. Memang tidak akan mudah, tapi itulah salah satu cara untuk kita bisa mengontrol dan tidak termakan akan omongan orang. Itu adalah cara untuk kita bisa tetap bertahan, dan tidak melakukan hal yang diluar batas kita. Tetap pada jalur kita. .