Tidak Semua Orang Bisa Melakukan Seperti Yang Kita Lakukan 

Tidak Semua Orang Bisa Melakukan Seperti Yang Kita Lakukan 

Kita sering sekali membuat kesalahan yang dimana kita sendiri yang membuatnya menjadi masalah. Tapi kita enggan untuk mengakuinya. Dan kita malah melempar masalah itu kepada orang lain. Sehingga kita akan menyalahkan orang lain akan kesalahan yang kita lakukan. Salah satunya adalah ekspektasi. Saat kita berekspektasi pada seseorang. Dan ternyata hasil yang ada tidak sesuai dengan harapan. Maka kita akan merasa kesal dan kecewa. Dan kita akan menyalahkan orang tersebut karena tidak melakukan sesuai ekspektasi kita. 

Tidak Semua Orang Bisa Melakukan Seperti Yang Kita Lakukan 

Padahal jika dilihat, sumbernya adalah kita. Kita yang salah, kita yang berekspektasi. Jadi kita yang membuat diri kita yang kecewa dan kesal. Jadi jangan salahkan orang lain akan kesalahan kita yang berekspektasi terlalu tinggi pada orang. Jangan menjadi egois karena hal itu. Kita memang bisa melakukan beberapa hal dengan mudah. Kita bisa melakukan dengan cepat dan tepat. Tapi tidak semua orang bisa melakukan sama persis dengan apa yang kita lakukan. Kita bisa karena terbiasa. Dan bisa saja itu menjadi hal pertama baginya sehingga kita tidak bisa berharap banyak padanya.

Kita juga harus mengerti dan pahami. Karena tidak semua orang bisa kita paksakan untuk bisa melakukan sesuatu sama persis dengan cara kita dan kecepatannya harus sama dengan kita. Karena tidak semudah itu. Kita pun bisa sampai lihai melakukan sesuatu karena terbiasa. Coba kalau kita diberikan suatu hal yang tidak biasa kita lakukan pasti kita pun akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding yang lain. Karena kita harus pelajari dulu. Menyesuaikan dulu. Jadi kita tidak bisa berekspektasi banyak pada orang. 

Itu yang harus kita tanamkan pada diri kita. Jangan sampai karena keegoisan kita, membuat orang lain merasa bersalah, merasa tidak layak dan merasa tidak berkompeten. Padahal mereka tidak harus merasakan itu semua. Itu hanyalah karena keegoisan kita. Jadi jika kita ingin mereka bisa melakukan sama persis dengan apa yang kita lakukan, ya jelaskan pada mereka, ajarkan pada mereka. Berikan mereka waktu untuk belajar. Maka mereka akan mulai terbiasa dan akhirnya bisa.