3 Cara Mudah Meningkatkan Kesuburan Wanita Dengan Alami

3 Cara Mudah Meningkatkan Kesuburan Wanita Dengan Alami

Masa subur seorang wanita berada di puncak pada saat berusia 20-an, dan kemudian akan terus menurun mengikuti pertambahan usia. Maka dari itu, wanita  harus memperhatikan kesuburan mereka dengan baik. Menjaga kesuburan tentu saja akan memperbesar peluang untuk memiliki keturunan bagi yang ingin segara hamil atau pun bagi wanita yang ingin menunda kehamilan.

Untuk menjaga kesuburan cukup banyak cara yang bisa di lakukan. Seperti beberapa cara di bawah ini yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesuburan dengan sehat dan alami. Penasaran? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

1. Konsumsi makanan tinggi antioksidan

Folat dan seng merupakan jenis antioksidan yang mampu meningkatkan kesuburan, baik untuk pria maupun wanita. Folat dan seng yang kita masukan dalam tubuh melalui makanan memiliki manfaat untuk mencegah radikal bebas yang ada dalam tubuh untuk aktif, sehingga sperma dan sel telur tetap bisa terjaga kesehatanya.

Dari sebuah studi yang di lakukan, menunjukkan jika asupan folat dalam jumlah tinggi memiliki kaitan yang kuat dengan tingkat kehamilan klinis, implantasi, dan kelahiran hidup yang lebih besar.

Akan tetapi, penelitian tersebut masih harus di lanjutkan untuk mengetahui seberapa banyak antioksidan mempengaruhi kesuburan.

2. Kurangi olahraga berat

Aktivitas fisik memang memberikan dampak yang positif bagi kesehatan, begitu juga untuk wanita hamil. Kondisi fisik yang aktif akan membantu wanita untuk mempersiapkan dirinya menghadapi kehamilan dan persalinan. Meski begitu, melakukan kegiatan yang berat atau pun olahraga berat dalam jangka waktu yang lama malah akan mengganggu ovulasi.

Dilansir dari sebuah laman kesehatan, para dokter melihat banyak gangguan yang terjadi saat menstruasi pada wanita yang sering melakukan olahraga berat. Selain itu, wanita juga di minta untuk mengurangi kegiatan olahraga mereka saat berencana untuk hamil.

3. Menjaga berat badan yang sehat

Berat badan yang berlebih bisa mengurangi peluang seorang wanita untuk bisa hamil, sama juga dengan tubuh wanita yang terlalu kurus.

Di jelaskan sebuah laman kesehatan, wanita dengan berat badan yang berlebih membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa hamil ketimbang wanita dengan indeks massa tubuh yang ideal.

Hal ini bisa terjadi karena lemak dalam tubuh yang menumpuk akan memproduksi hormon estrogen lebih banyak sehingga mengganggu ovulasi.