Kayu manis ini umumnya sudah di kenal sebagai salah satu jenis bumbu dapur yang sering di gunakan untuk tambahan ke dalam kue, roti, atau biskuit yang di fungsinya untuk memperkaya cita rasa dan aroma, selain itu juga kayu manis juga di percaya sangat baik untuk kesehatan juga.

Akan tetapi untuk mendapatkan khasiat yang baik tubuh maka sebaiknya mengkonsumsi kayu manis dalam jumlah yang wajar saja karena jika di konsumsi secara berlebihan maka akan timbul efek samping yang sangat buruk bagi tubuh anda. Jangan pernah meremehkan bahaya kayu manis ini karena tidak tanggung-tanggung seperti bisa menyebabkan kerusakan hati dan kanker.

Di balik manfaatnya yang baik untuk kesehatan, rempah yang satu ini bisa sangat membahayakan untuk kesehatan anda jika mengkonsumsinya tidak dalam jumlah yang wajar, seperti :
1. Kerusakan organ hati
2. Menimbulkan masalah pada sistem pernapasan
3. Penurunan kadar gula darah yang berlebihan
4. Meningkatkan risiko kanker
5. Mengakibatkan luka di mulut

Namun untuk menghindari efek samping yang terjadi ketika anda berlebihan mengkonsumsi kayu manis ini anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis kayu manis seperti :
1. Kayu manis Cassia
2. Kayu manis Ceylon

Kandungan kayu manis coumarin pada umumnya lebih rendah dari kayu manis jenis Ceylon sehingga dapat menjadikan kayu manis ini bisa di konsumsi dalam jumlah yang lebih banyaj. Meskipun demikian anda juga tentunya juga mengatyr jumlah takaran yang tepat guna menghindari efek samping dari kayu manis ini.

Takaran yang pas ialah anda bisa mengkonsumsi sekitar 1 sendok teh kayu manis Cassia perharinya, sementara itu jika kalian ingin mengkonsumsi kayu manis dengan jenis Ceylon bata mengkonsumsinya andalah 2.5 sendok teh perharinya.

Untuk menghindari efek samping dari kayu manis ini anda juga sebaiknya sangat di anjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum ingin mengkonsumsinya, terutama bagi kalian yang memiliki penyakit diabetes, penyakit hati atau lainnya yang dapat mempengaruhi fungsi pada hati. Karena obat-obat tersebut bisa berinteraksi dengan kayu manis yang nantinya akan meningkatkan efek samping dari kayu manis ini bahkan juga bisa mengakibatkan bahaya lainnya.