Melati adalah jenis tanaman hias yang sumber dari asia selatan. Tanaman ini mempunyai bunga berwarna putih yang memiliki aroma wangi dan menenangkan. Di Indonesia bunga ini di kenal sebagai bunga suci yang mempunyai makna keindahan, kehidupan, hiasan pada acara pernikahan bahkan juga di gunakan sebagai bunga tabor pada upacara kematian. Di balik arti sucinya berbagai tradisi kedaerahan, bunga ini mempunyai sangat banyak manfaat bagi kesehatan.

Pada zaman dulu bunga melati ini dikenal sebagai ramuan tradisional yang di pakai oleh para leluhur sebagai obat mengurangi rasa sakit. Tidak cuman hanya bunganya saja, namun pada bagian daun dari bunga melati ini juga kaya akan khasiat. Berikut ini manfaat yang dimiliki oleh daun melati.

1. Mencegah Kanker
Kanker adalah penyakit yang tidak normal pada pertumbuhan sel pada tubuh yang mengakibatkan berbagai fungsi tubuh menjadi tidak terkendali. Sel kanker biasanya menyerang banyak jaringan lain pada tubuh dan meningkatkan angka kematian. Banyak usaha yang bisa untuk mencegah atau mengurangi pada perkembangan penyakt kanker pada tubh, salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi daun melati secara rutin.

2. Mengatasi Radang Usus
Radang usus merupakan kondisi meradangnya pada saluran pencernaan baik usus yang di tandai dengan iritasi sampai luka. Kondisi ini begitu mengganggu kegiatan sehari – hari apabila jika tidak segera di tangani. Daun melati bisa di gunakan untuk mengatasi keluhan peradangan usu dengan secara alami. Caranya anda hanya perlu untuk mencuci bersih daun melati lalu rebus dengan 3 gelas air. Tunggu sampai airnya menyusut dan cuman hanya tersisa 1 gelas lalu di saring.

3. Mengobati Mata Merah
Mata adalah panca indera yang fungsinya penting untuk manusia. Untuk menjaganya agar tetap sehat ada banyak bahan alami yang bisa di manfaatkan salah satu nya daun melati. Penggunaan daun melati ini dapat membantu pada penglihatan agar menjadi lebih jernih, untuk mengatasi iritasi dan juga gangguan kesehatan mata lainnya. Caranya hanya perlu menumbuk daun melati sampai halus lalu menempekannya pada mata sampai mongering.