Bukan hanya buah saja, namun daun serta bunga pepaya ini bisa dijadikan sebagai makanan yang sangat enak dan bergizi. Namun meskipun begitu manfaat yang di peroleh tetap sama. Terutama manfaat pada bunga pepaya sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi hanya sesekali saja.

Pada bunga pepaya ada berbagai jenis yaitu bunga jantan dan bunga betina yang memiliki fungsi sebagai pembuahan untuk pohon itu sendiri. Pada bunga pepaya jantan memiliki karakteristis bunganya yang panjang, tidak berputik dan langsing dan bergerembolan sangat banyak. Sementara pada bunga betina memiliki bunga yang pendek dengan jumlah yang sangat sedikit namun tidak memiliki menang sari dan memiliki putik.

Kandungan dan manfaatnya sama seperti pada daun pepaya, rasa pada bunga peaya ini juga memiliki rasa pahit di lidah sehingga menjadikan salah satu makanan ini tidak banyak disukai oleh banyak orang. Namun di balik rasanya yang pahit ternyata daun pepaya ini memiliki manfaat bagi kesehatan yang tidak boleh di anggap remeh karena bunga pepaya ini mengandung berbagai senyawa kimia tumbuhan seperti triterpenoid, flavonoid, sterol, tanin sampai polifenol.

Manfaat dari zat-zat tersebut yang menjadikan bunga pepaya bisa memberikan khasiat yang tinggi bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari bunga pepaya :
1. Menyehatkan jantung
2. Mencegah kanker
3. Menstabilkan kadar gula darah
4. Sumber energi yang sehat

Lalu bagaimana cara pengolahannya? jika kalian ingin mendapatkan manfaat dari bunga pepaya tersebut, untuk cara pengolahannya cukup mudah. Agar rasanya tidak terlalu pahit anda harus mengolah bunga pepaya ini agar tidak menjadi terlalu pahit atau getir sehingga bisa di di makan dan di terima di lidah.

Untuk menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya ini anda bisa gunakan bahan alami seperti asam jawa, cara pengolahannya juga mudah cukup rebus saja bunga pepaya bersamaan dengan asam jawa kemudian biarkan sampai 15 menit. Setelah itu anda bisa mengolah bunga pepaya ini dengan berbagai macam hidangan mulai di tumis dengan tambahan sayur lainnya atau di campurkan sebagai sayuran pada pecel.

Selain bisa di hidangkan sebagai masakan, bunga pepaya ini juga ternyata sudah dijadikan sebagai teh herbal, untuk cara pengolahan menjadi teh ini anda hanya cukup menyeduhnya dengan air panas seperti daun mint atau madu.