Dari kalian pasti masih ada yang belum mengetahui apa itu biji selasih bukan? biji selasih ini biasanya sering di jadikan campuran pada es buah atau minuman segar lainnya. Umumnya bentuk dari biji selasih ini kecil dan mungil yang digunakan sebagai hiasana makanan atau minuman, namun biji selasih ini tidak hanya dijadikan sebagai hiasan saja ternyata biji selasih ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Jika dilihat dengan sekilas biji ini hampir mirip dengan biji chia hanya saja biji selasih lebih besar pada biji chia ketika di rendam di dalam air dengan adanya selaput putih yang bening yang dapat menutupi biji yang hitam tetapi ketika di gigit biji selasih ini renyah dan rasanya hambar.

Apa saja kandungan yang terdapat dari biji selasih ini? Biji selasih yang mempunyai nama latin Ocimum Basulicum berasal dari tanaman basil, meskipun basil pada dasarnya di kenal sebagai ramuan aromatik yang memiliki banyak kegunaannya adalah ada banyak ragam kandungan nutrisi pada biji selasih tersebut yang bisa memberikan khasiat bagi kesehatan.

Kandungan zat pada biji selasih :
1.Zat besi
2.Polifenol
3.Protein
4.Serat
5.Senyawa fitokimia

Lalu apa saja manfaat biji selasih ini? biji selasih ini sebenarnya sudah lama digunakan untuk pengobatan tradisioanl Cina, menurut penelitian juga tentang khasiatnya masih tergolong sedikit.

Berikut inilah manfaatnya :

Dapat menyuburkan rambut
Bagi anda yang memiliki masalah dengan rambut rontok atau keadaan rambut yang menipis mungkin biji selasih ini bisa membantu masalah anda. Karena kandungan zat besi dalam biji selasih ini bisa meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala anda dan ampuh mempercepat pertumbuhan rambut. Selain itu antioksidan pada biji selasih ini dapat mencegah peradangan pada kulit kepala juga karena peradangan ini juga merupakan salah satu penyebab dari kerontokan pada rambut.

Dapat menguatkan tulang otot
Jika kalian mengkonsumsi sekitar 13gram biji selasih dapat memenuhi 15% daru asupan kalsium harian anda, seperti yang diketahui juga kalsium merupakan mineral yang sangat penting untuk kekuatan otot dan tulang. Pada biji selasih ini juga terdapat kalsium dan zat besi yang sangat baik bagi orang yang sedang menjalankan vegetarian.

Dapat mengendalikan gula darah
Biji selasih ini sangat baik di konsumsi pada orang yang sedang mengalami sakit diabetes.

Dapat menjaga kesehatan pada usus
Kesehatan usus sangat tidak boleh di sepelekan, karena usus sangat berperan pernting di dalam tubuh dan jika anda memiliki lebih banyak bakteri jahat di usus maka akan lebih mudah terkena penyakit usus. Agar kesehatan usus anda berfungsi dengan baik anda bisa rutin mengkonsumsi biji selasih ini.